Please Insert Text

Custom Search

Saturday, April 26, 2008

Paket - Paket MIKROTIK

1. Paket PPP

Paket PPP (Point to Poin Protocol) merupakan paket yang memuat protocol PPP. Paket PPP ini di perlukan untuk fitur komunikasi serial dengan menggunkan PPP, ISDN PPP, L2TP dan PPTP serta komunikasi PPP on Ethernet (PPPoE). Paket PPP digunakan untuk komunikasi Wide Area Network dengan meggunakan komunikasi serial mode asynchronous maupun mode synchronous. Untuk komunikasi dengan metode asynchronous dapat menggunakan serial port standart PC seperti com 1 dan com 2.

2. Paket DHCP
Paket Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) merupakan paket yang memuat fitur DCPC baik yang diperlukan untuk menjadi client maupun server. Dengan menggunakan fitur DHCP client interface Ethernet dapat diberi alamat IP, netmask dan default gateway secara dynamic. Pada saat DHCP client mendapatkan semua informasi tersebut maka secara otomatis interface Ethernet dhcp client tersebut diset alamt ip dan netmask sesuai yang diberikan dhcp server. Jika tersedia default gateway maka
default gateway pada table routing juga di update berdasarkan informasi DHCP server. Jika waktu aktif dhcp client terlewati maka alamat ip, netmask dan default gateway dan dhcp server tidak tersedia maka alamat ip invalid dan default gateway akan dihapus dari table routing. Selain fitur DHCP client , mikrotik juga dapat berfungsi sebagai DHCP server maupun DHCP relay.

3. Paket Advanced-tools
Paket ini memuat fitur e-mail client , ping, netwatch, traceroute, bandwidth tester, traffic monitoring, mrtg, dan utility lain yang sering di perlukan untuk mengetahui kondisi router maupun jaringan. Fitur netwatch merupakan salah satu fitur yang memungkinkan mikrotik menjadi lebih pintar dan dapat memilih konfigurasi berdasarkan script (urutan perintah) sesuai kondisi jaringan (netwatch). Paket advanced tools ini terdapat pada semua level lisensi.

4. Paket Arlan
Paket ARLAN merupakan dukungan mikrotik untuk penggunaan card ISA Arlan 655 Wireless Interface agar dapat secara transparent berkomunikasi dengan lawannya. Jika anda menginstalasi paket ARLAN ini berarti anda memerlukan minimum lisensi mikrotik level 4.

5. Paket Hotspot
Paket Hotspot digunakan untuk melakukan authentication, authorization dan accounting pengguna yang melakukan access jaringan melalui gerbang hotspot. Pengguna hotspot sebelum melalukan access jaringan perlu melakukan authentication melalui web browser baik dengan protocol http maupun https (secure http). Hotspot gateway memerlukan tambahan memory dan cpu proses jika digunakan untuk menghitung dan mengamati traffic local yang sedang berjalan.

6. Paket Radio LAN
Mikrotik Router OS mendukung penggunaan Wireless Radio LAn hardware antara lain :
• RadioLAN ISA card (Model 101)
• RadioLAN PCMCIA card

RadioLAN ini hanya merupakan driver saja dan memerlukan paket wireless dan dapat digunakan untuk lisensi minimum level 4.


7. Paket Router Board
Paket Routerboard adalah paket yang digunakan untuk mendukung penggunaan Mikrotik pada papan rangkaian khusus. Papan rangkaian khusus tersebut pada dasarnya merupakan computer minimum (tanpa hardisk controller, vga dan sound) dengan kartu jaringan, catu daya lebih sederhana (cukup +12VDC) dan performa sangat minimum.

8. Paket Routing
Paket routing, akan anda perlukan jika jaringan anda menggunakan routing dynamic. Mikrotik dapat menggunakan RIP, OSPF, maupun BGP versi 4.

9. Paket Security
Paket security berisikan dukungan untuk keamanan komunikasi (dengan menggunakan system pengkodean encryption). Paket ini diperlukan oleh mikrotik untuk menjelaskan IP Security (IPSec), secure shell, dan untuk menjalankan Winbox pada mode aman (secure).

10. Paket Web Proxy
Paket web-proxy mikrotik router os mengimplementasikan proxy server dengan fitur :

• HTTP proxy normal
• HHTP Transparent proxy
• Access list berdasarkan sumber, tujuan, URL dan cara access
• Pengaturan cache (Pengaturan jenis object yang dicache)
• Pengaturan access langsung (access langsung atau lewat proxy server lain)
• Kemampuan

0 Comments: