Please Insert Text

Custom Search

Monday, April 14, 2008

Prinsip dasar Jaringan Komputer

Jaringan komputer didunia telah berkembang selama lebih dari 40 tahun dalam kurun waktu tersebut funginya telah berubah dari sekedar alat percobaan di laboratorium menjadi suatu sistem yang digunakan oleh berjuta-juta orang setiap harinya.
Jaringan pertama kali adalah arpanet yang merupakan perintis yang menciptakan suatu sistem informasi global yang dapat diakses oleh jutaan orang yang menjadikan dunia ini semakin kecil dan meniadakan apa yang disebut batas-batas suatu negara.
Hal ini dapat dimaklumi dikarenakan adanya internet, suatu informasi yang dahulu sulit diperoleh kini semuanya bisa diperoleh hanya dalam beberapa saat saja.
Oleh karena itu perusahaan menengah dan besar membutuhkan sebuah jaringan yang akan berfungsi sebagai pembuluh darah yang akan mengalirkan informasi-informasi yang penting keseluruh divisi-divisi sehingga perusahaan dapat berjalan dengan lancar.
Jaringan komputer didalam perusahaan dewasa ini sangatlah penting untuk kelancaran informasi dan mengolah data dan pengambilan keputusan oleh perusahaan.
Salah satu prinsip dasar jaringan komputer adalah proses pengiriman data atau informasi dari pengirim ke penerima melalui media komunikasi tertentu. Dari prinsip dasar tersebut maka tujuan dibangunnya suatu jaringan komputer adalah untuk membawa data atau informasi dari si pengirim kepenerima secara cepat tanpa adanya kesalahan.
Meskipun tujuannya sederhana bukan berarti tidak ada masalah, dalam hal ini ada beberapa masalah dalam hal membangun sebuah jaringan, pertama mahalnya investasi dan fasilitas komunikasi, kedua, jalur transmisi yang digunakan tidak benar-benar terlepas dari gangguan (noise), ketiga, kualitas sumber daya manusia yang benar-benar menguasi jaringan komputer.

0 Comments: